Monday, October 27, 2008

lagi-lagi jurnalis (1)

Hampir dua bulan saya menjalani lagi kehidupan sebagai jurmalis. Berbeda dengan sebelumnya, saya bekerja pada print media ini kali saya bekerja pada online media. Hampir mirip memang tapi tetap saja sistem kerjanya berubah. Saya tak wajib pulang kantor usai liputan.Hanya saja seusai wawancara bergegas melapor ke kantor untuk mengirim ada apa berita hari ini.Bukan saja kecepatan yang dituntut tapi juga keakurasian data. Belum lagi harus bersaing dengan media online yang lebih matang.

Minggu pertama saya di media online ini,saya mendapat jatah di DPR.Tak urung isu-isu politik harus saya ikuti dan saya perdalam. Akibat tak mengerti isu bisa salah menyampaikan berita. Di gedung wakil rakyat itu saya bertemu dan berinteraksi dengan banyak wakil rakyat. Di gedung itu sangat gampang meraup berita.Dalam satu hari bisa delapan sampai sepuluh berita dikirim. Tak sedikit anggot dewn beradu kata, saling jual omong pada media. Yah..sulit membedakan antara yang betul-betul kritis dengan mereka yang cari muka. Saya hampir tak bisa membedakan.

Minggu kedua sampai saat ini saya mangkal alias jadi wartawan nyanggong di Kejaksaan Agung. BAnyak hal baru yang harus saya pelajari di sana. Dua minggu pertama saya seperti orang bodoh yang tak paham apa-apa. Saya mulai belajar istilah hukummulai dari inkrah sampai peninjauan kembali.hehehehhehe

Berbeda dengan di DPR,tak semua orang mau ngomomg di sini. Pasalnya memang tak semua boleh bicara pada wartawan. Hanya orang-orang tertentu yang terkadang sulit ditemui. OK.. saya tak suka berpanjang-panjang, kasian yang baca...hehehhehehe

No comments: