Wednesday, August 27, 2014

Saya dan Para Tukang Ojeg




Tulisan ini lagi-lagi untuk mengenang masa silam. Cerita-cerita lama yang tidak sempat terdokumentasikan. Tetapi saya tetap bisa mengingat cerita-cerita itu. Melekat dalam ingatan saya. Kali ini saya akan bercerita soal saya dan para tukang ojeg.  Lima tahun saya berjibaku dengan jalanan Ibukota, saya tentu punya pergaulan luas dengan tukang ojeg. 

Memang gak setiap saat saya naik ojeg, bisa tekor dong, kalau terus-terusan naik ojeg, apalagi klaim kantor hanya berlaku untuk angkutan umum. Nah lhoo.. repot kan kalau harus nombok terus. Saya menggunakan jasa ojeg kala kepepet waktu, mepet waktu liputan sementara saya masih berada di kos atau di tempat lain. Tidak mungkin saya bisa mencapai tempat liputan dengan angkutan umum.

Ohiya soal angkutan umum, saya sering menyebutnya sebagai mobil pribadi. Kalau ditanya,”Di Jakarta liputan naik apa?” saya sering jawab begii,”Naik mobil dong, kemana-mana diantar sopir. Mobilnya ganti-ganti. Ber-AC,” jawab saya sekenanya. Mereka yang enggak paham becandaan saya pasti manggut-manggut, entah apa yang ada dalam pikiran mereka. Padahal yang saya maksud adalah kopaja, metromini, dan transjakarta. Hehehehe. Tapi karena saya baik hati, saya membiarkan sopir mengantar orang lain sesuai tujuan masing-masing.

Beberapa kali saya menggunakan jasa ojeg. Tukang ojeg yang sudah langganan sih, akan menerima berapa saja yang saya kasih. Tapi seringkali saya malah rikuh dan pakewuh, duh kurang gak ya...pernah ditarik bayaran mahal sama tukang ojeg? Pernaah... ketika itu saya masih kos di JL Anggrek, Jakarta Selatan. Saya sakit. Sedihnya sakit di perantauan, harus melayani semua sendiri. Termasuk mencari makan dan obat sendiri. Singkat cerita saya bolos kerja hari itu. Batuk hebat semalaman sampai subuh membuat saya memutuskan tidak masuk kerja hari itu.  Karena lapar dan butuh obat saya keluar kos. Untuk jalan gak mungkin, saya masih kliyengan. Akhirnya saya panggil ojeg untuk antar saya.  Saya Cuma minta diantar keliling setia budi, ke ATM, beli makan, dan apotek. Sampai kos saya ditarik bayar Rp 20.000, saya bengong. Masya Allah, keliling kampung doang 20.000. rasanya pengen garuk-garuk aspal. Tetapi ya sudahlah, berhubung saya butuh biarin deh...

Tahun 2010-2013 saya tinggal di Karet Belakang III. Tukang ojeg di sana semua saya kenal dan hampir semua saya langganan. Begitu saya buka pintu pagar kos, mereka sudah langsung menghampiri. Kadang dengan sungkan saya tolak, karena saya pengen jalan kaki. Tetapi kalau lagi malas jalan, saya naik ojeg. Hehehe. Singkat cerita mereka lama-lama hafal sama saya. Suatu hari ada seorang dari mereka tanya begini:
”Mba, itu kerjanya apa sih?”

Saya jawab,”Memang ada apa Pak?”

“Saya kemarin lihat Mba, di TV, sedang wawancara itu siapa mba.. Menteri Hukum, Akbar..Akbar,”

“Ohh Patrialis Akbar. Iya Pak saya wawancara dia. Saya wartawan mba,”

“Oh wartawan. Seneng ya mba ketemu orang-orang penting,” kata tukang ojeg itu sambil lanjut ngoceh curcol tentang anak-anaknya

Saya yang ada di belakang, Cuma senyum dan iya-iya saja. Hehehehe

Suatu hari pernah lagi, waktu itu sudah mepet. Dan saya yang sok repot di kos baru siap 45 menit sebelum acara SBY dimulai. Karena males berantem sama paspampres kalau telat, saya akhirnya naik ojeg. Jreng jreeng,,,tukang ojeg langganan enggak ada. Ada tukang ojeg dari gang sebelah menawarkan diri. Akhirnya ya sudahlah dari pada telat saya iya aja deeeh naik ojeg dia. Tarif seperti biasa, saya naik ojeg.
“Kantor Setneg ya Pak,” kata saya pada si tukang ojeg.

“Hah, di mana itu Mba?” kata si Bapak

“Arah harmoni Pak, tapi lewat  Sudirman aja biar cepet,” sahut saya

Perjalanan lancar sampai depan Setneg. Nah, di sinilah drama si tukang ojeg dimulai. Dia mulai keder, liat ada penjaga bawa-bawa senapan.

“Mba... itu ada tentara, gapapa mba?
“Iya, Pak gak papa masuk aja,” kata saya.

Melewati pemeriksaan, Si tukag ojeg baru ngeh, kalau antar penumpang ke Istana.

“Mba,, ini Istana ya, ada Presiden di dalam?” kata tukang ojeg

“Iya Pak, ada Presiden di dalam,” jawab saya

“Besar sekali ya Mba, seumur-umur saya hidup baru kali ini mba saya masuk Istana,” kata dia, (diiringi bakcsound dramatis). Asli ketika itu saya pengen ngakak. Tapi saya Cuma senyum ajaaa...
Sampai saya turun di pintu kaca (tempat pemeriksaan kedua), tukang ojeg itu nanya lagi,

” Mba nanti saya keluarnya gimana?”

“Ikutin tanda panah aja Pak, hati-hati ya. Makasih Pak,”  kata saya, tentu setelah saya bayar ojeg.

Cerita lain waktu itu saya naik ojeg ke DPR. Biasanya saya turun di pintu kecil belakang DPR dan saya jjalan kaki masuk, karena kalau masuk pintu motor itu lebih jauh dan hitungannya lebih lama. Tapi karena kebablasan, akhirnya saya bawa si tukang ojeg ini masuk ke dalam, sampai belakang gedung nusantara III. Nah, ini tukang ojeg gak kalah dramanya, sama tukang ojeg yang saya ajak masuk ke Istana.
“Waah mbaa,, ini DPR? Yang sering di tv?”kata dia
“Iya Pak..”
“Gede banget yaak, trus ini lewat mana mba?” kata tukang ojeg kebingungan. Saya nunjukin jalan yang muter-muter itu.
“Gede ya mbaa,” ulang si tukang ojeg, masih nggumun
“Iya Pak, korupsinya juga gede,” kata saya sekenanya dan si tukang ojeg cuma manggut-mangut.

Terimakasih Bapak-bapak ojeg di Jakarta yang pernah mengantar saya. Ada juga yang sabar antar saya cari alamat, ada juga yang pernah saya marahi karena sembarangan bawa motornya. Hehehe.  


No comments: